Senin, 24 Januari 2011

Aikido



Aikido adalah beladiri asal Jepang yang diciptakan oleh Morihei Ueshiba sekitar tahun 1930an.
Beladiri ini merupakan beladiri yang terpengaruh dari beladiri yang sudah ada sebelumnya, seperti Daityo Ryu Aiki Jujutsu, Kenjutsu, dan Judo. Namun porsi terbesarnya adalah Daito Ryu Aiki Jujutsu, dimana O Sensei sendiri memiliki Menkyo Kaiden atas beladiri tersebut.

Morihei Ueshi

Aikido menekankan pada harmoni antara Aikidoka dengan alam. Teknik-teknik dalam aikido pun dirancang sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan bagi penyerang dan yang diserang. Dalam latihannya pun harus dikondisikan sehingga safety bisa tetap terjaga bagi para praktisi.

Dalam aikido serangan yang datang tidaklah dilawan atau ditangkis. Tetapi lebih diarahkan sehingga otomatis makin besar kekuatan penyerang, maka efek bagi penyerang itu sendiri semakin besar. Namun harus tetap menjaga keamanan bagi penyerang. Selain teknik tangan kosong, ada juga teknik senjata (teknik mengambil senjata dari tangan lawan).

Saat ini aikido sudah menyebar hampir ke seluruh negara di dunia. Dan sudah banyak terbagi dalam banyak aliran/style. Perlu diingat perbedaan aliran bukan berarti perbedaan teknik, tetapi lebih ke perbedaan gaya berlatih. Sama seperti sepotong keju besar, Anda dapat memotongnya lurus, miring, kotak, bulat, dan sebagainya, tapi itu tetaplah keju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar