Rabu, 02 Maret 2011

Ujian Mudansha Aikido: Kyu 5!

Bismillah, awal April mendatang, saya mau ujian aikido, naek tingkat dari kyu 6 ke kyu 5.

Tingkat Aikido itu dari mudansha (bukan pemegang sabuk hitam) Kyu 6 sampai Kyu 1. Lalu masuk ke sabuk hitam alias Yudansha. Tingkatannya ada DAN 1 sampai DAN 10.

Kenapa Kyu itu angkanya berkurang sedangkan DAN bertambah? Saya sendiri ga tau pasti, tapi ada kalimat yang bagus yang pernah saya baca:

"Kyu itu berkurang artinya ketidak tahuan kita berkurang, lalu DAN itu bertambah karena pengetahuan kita bertambah".

Untuk materi yang di-ujian-kan, ada yang bilang dari Aiki Taisho (senam aikido), lalu Ashi Sabaki (Footwork), dan beberapa teknik, diantaranya Irimi-nage, Shiho-nage, Kokyu-nage, Kaiten-nage, Kotegaeshi, Kokyuho. Yang dimulai dari beberapa serangan yaitu katatedori, kosadori, shomenuchi. Dan dalam dua cara omote dan ura. Semoga lancar nanti. Amin. :D

Ini ujian pertama saya, walaupun tingkatan sabuk bukan berarti mencerminkan kemampuan kita, tapi saya berdoa bisa lulus, kalo lulus bisa naik tingkat, naik tingkat artinya ILMU BARU! :)

2 komentar:

  1. Wah mau jadi ronin rupanya......

    Kenal atuh dengan sahabat saya Sensei Milda Gustiana Husada

    BalasHapus
  2. Wah Pa Djadja dosen IF Widyatama yah? Kenal pak, saya juga diajari oleh beliau. Hehe..

    BalasHapus