Kamis, 07 Juli 2011

Kemacetan

Sehari-hari saya bepergian menggunakan sepeda motor, tapi yang paling mengesalkan jika selalu macet. Siapa coba yang tidak suka macet? Bikin kesal, apalagi kalau macetnya di siang hari, sudah panas di tambah macet orang pasti jadi mudah marah.

Ada riset yang mengatakan, karena jumlah motor lebih banyak, maka motorlah penyebab kemacetan. Tentu saja saya sebagai pengendara motor tidak bisa terima. Saya sendiri menyalahkan angkot yang terlalu banyak di Indonesia, dan mobil pribadi yang isinya hanya satu orang saja. Bayangkan, satu mobil = satu orang, lama-lama bisa tua di jalan raya.

Pemerintah memang selalu berusaha mengurai kemacetan dengan membangun sarana angkutan umum, tapi sayang tidak diikuti perawatan dan peningkatan kualitas, dan juga penekanan kendaraan pribadi.

Di Jepang biaya parkir untuk satu mobil dalam satu bulan, bisa mencapai 600rb rupiah, sedangkan di Inggris hingga jutaan. Tentu saja orang-orang lebih memilih kendaraan umum, ditambah kendaraan umum di luar negeri seringkali kita jumpai sangat bersih dan nyaman.

Kalau di Indonesia, kendaraan pribadi atau umum sama saja terjebak macet. Tentu saja orang lebih pilih kendaraan pribadi, lebih irit dan lebih mudah.

Sepeda mungkin bisa dijadikan alternatif, murah tidak perlu BBM, walau harus menggunakan tenaga fisik. Atau kalau tidak menggunakan sepeda listrik yang sudah tersedia.

Saya mendapatkan gambar unik, di sini kita lihat perbandingan mengangkut 60 orang dengan 3 alat transportasi yang berbeda: mobil, bis, dan sepeda.


Sekian sedikit curhatan-keluhan dari saya, semoga pemerintah bisa mengurai kemacetan dengan menekan kendaraan pribadi dan meningkatkan kualitas kendaraan umum. :)

2 komentar:

  1. Enak aja RT.. grrr....
    Ini saya ngetik sendiri. intinya sih nemenin gambar itu. xixixi

    BalasHapus