Selasa, 19 Juli 2011

Sekolah

Sekolah sudah menjadi hal yang wajib dalam hidup ini, karena dengan bersekolah kita bisa mempelajari banyak hal dari mulai hal-hal yang tidak penting sampai yang sangat penting sekalipun, baik dalam hal pembelajaran dan pendidikan.

Mengutip status facebook teman saya "Dahulu nama perguruan tinggi menjadi besar karena kesuksesan mahasiswanya (alumninya), Sekarang mahasiswa ingin sukses dibalik nama besar perguruan tingginya, ironis", begitu katanya. Saya tidak berkomentar, memang benar itulah yang terjadi sekarang. Orang berlomba-lomba masuk ke perguruan tinggi X dengan berbagai cara dari yang halal sampai yang tidak halal, ataupun yang tidak halal tapi berkedok halal.

Tidak aneh, perguruan tinggi swasta pun banyak yang di-"anak tiri"-kan oleh calon mahasiswa. Mungkin karena mahasiswa itu sendiri ingin mencatut nama besar perguruan tinggi, gengsi dong masuk swasta, mungkin itu di benak mereka.

Apalagi dengan uang kuliah yang mahal, fasilitas kampus favorit pun bisa terjamin, Baik yang masuk dengan jalur SNMPTN, atau dengan jalur yang "lain". Dosen yang berkualitas pun lebih terpusat di perguruan tinggi favorit. Mungkin ada di swasta, tapi tidak banyak.

Calon mahasiswa seharusnya diajari berpikir yang penting belajar dengan baik, tidak hanya mengandalkan nama besar perguruan tinggi, selain itu punya akhlak yang baik. Kita mungkin tidak mau mempunyai pegawai yang sangat pintar tetapi tukang korupsi, atau selalu berbuat onar, atau sangat sombong.

Saya ingin perguruan tinggi swasta tidak terus dianak tirikan oleh calon mahasiswa, pasti sulit, tapi saya yakin bisa. Saya juga ingin kuliah ke luar negeri, pulang ke Indonesia, membangun kampung halaman kita sendiri, dan mengajar menjadi dosen di perguruan tinggi, mungkin swasta saja. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar