Kamis, 24 November 2011

Artificial Intelligence

Di tingkat akhir ini saya mulai tertarik dengan dunia Artificial Intelligence, terutama yang berhubungan dengan Neural Network.



Artificial Intelligence adalah (menurut bahasa saya) proses pendidikan pada komputer agar dapat memiliki kecerdasan seperti manusia dalam mengolah informasi baru.

Manusia bisa membaca tulisan yang aneh walaupun harus diteliti lebih dahulu, bisa membedakan mana wajah manusia dan wajah hewan. Tapi tidak dengan komputer, komputer harus memiliki data training atau data latihan yang sebelumnya dimasukkan oleh pembuat mesin, sehingga saat ada data baru maka akan dibandingkan dengan data training ini. Sama seperti manusia latihan mengerjakan soal matematika, latihan yang banyak. Setelah ujian diberikan soal jenis sama yang dimodifikasi, dan dia bisa mengerjakannya.

Aplikasi AI (Artificial Intelligence) ini sangat banyak, diantaranya adalah pemain komputer pada game catur, othello, pengenalan tulisan tangan atau tulisan tercetak, pengenalan retina mata, pengenalan wajah, pengenalan suara, searching gambar dengan gambar seperti di Google (atau disebut Google Goggle), hingga mobil yang bisa berjalan sendiri (autopilot), bahkan motor yang bisa menyeimbangkan sendiri.

Mungkin Anda pernah menonton film I Robot yang dimainkan oleh Will Smith. Saat itu para robot menguasai kota, seperti itulah Artifical Intelligence, mungkin karena terlalu canggih. Tapi saya yakin tidak akan seperti itu, karena bagaimana pun juga komputer tidak bisa melampaui kecerdasan manusia. Sungguh ciptaan Allah itu luar biasa. :D

Bagi yang mau belajar AI, bisa search online course di internet, atau masuk jurusan Informatika, atau Robotika, dan sejenisnya. Good luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar