Minggu, 06 November 2011

Movie Review: The Shawshank Redemption

Yak, review film kali ini berjudul: The Shawshank Redemption

Film ini tahun 1994, film jadul dong.. Hehehe.. Walau film jadul, film ini menurut saya layak untuk ditonton. Film ini diangkat dari novel Stephen King yang berjudul Rita Hayworth and Shawshank Redemption.

Bercerita tentang Andy Dufresne (Tim Robbins), seorang bankir yang menjadi napi di penjara Shawshank State Penitentiary selama 20 tahun setelah dituduh membunuh istrinya. Di sana dia bertemu dengan Ellis Boyd Redding alias Red (Morgan Freeman), yang pada akhirnya mereka menjalin persahabatan.

Red adalah salah satu penyuplai barang-barang ilegal dari luar penjara ke dalam, dengan bayaran tentunya. Dari sanalah Andy dan Red mulai berkenalan. Andy yang pendiam tidak banyak berbicara dan memiliki ketenangan, langsung disukai oleh Red sejak pertama kali melihatnya.
Di dalam penjara, Andy dilindungi oleh kepala penjara dan penjaga karena dia dimanfaatkan oleh kepala penjara untuk melakukan pencucian uang.
Andy juga seorang yang pintar dan banyak membaca buku, dia pun turut membangun perpustakaan penjara yang awalnya seperti gudang buku yang penuh debu menjadi perpustakaan yang banyak koleksi bukunya. Dia meminta bantuan kepada pemerintah daerah berupa sumbangan uang dan buku dengan mengirimkan surat sebanyak 1 surat setiap minggunya. Setelah beberapa tahun baru diberi, Andy tidak puas dan mengirim 2 surat setiap minggunya. Hingga akhirnya perpustakaan tersebut mendapat bantuan yang lebih besar.

Sejak menolong kepala penjaga (bukan kepala penjara) mendapatkan uang tanpa pajak, dia menjadi terkenal di seluruh penjara sebagai konsultan keuangan.

Film ini sangat menyenangkan ditonton  terutama saat melihat bagaimana hebatnya Andy disukai oleh orang-orang penjara dan menjadi  Film ini akan membuat penasaran jika tidak disaksikan sampai selesai. Susah menjelaskan bagaimana serunya film ini, lebih baik saksikan saja sendiri. Hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar