Selasa, 22 November 2011

Old Movie Review: The Pianist



The Pianist menceritakan tentang seorang pemusik Yahudi Polandia bernama Władysław Szpilman yang dunianya hancur karena perang dunia ke-2. Saat itu terjadi Holocaust, dimana para orang Yahudi diperlakukan dengan kejam bahkan hingga dimusnahkan.

Wladyslaw kemudian berusaha menyelamatkan diri dengan bantuan orang lain , berpindah-pindah tempat tinggal dengan diam-diam layaknya seorang imigran gelap yang takut diketahui keberadaannya.

Suatu saat dia tinggal di atap bangunan yang sudah hancur, kemudian dia mencari makanan di dalam bangunan tersebut, ternyata dia ditemukan oleh seorang kapten tentara Nazi, namun beruntung dia tidak dibunuh bahkan dia diberikan jas nya agar tidak kedinginan setelah mengetahui bahwa dia adalah seorang pianis.

Hingga saat masuknya tentara Uni Soviet dan tentara Nazi berhasil dikalahkan, dia melihat kapten yang melepaskannya tersebut tertangkap, dan memohon agar membalas jasa nya dahulu yang sudah menyelamatkannya.

Film ini mengajak kita seperti sang pianis sendiri, bersembunyi di langit-langit, menghindari kejaran tentara Nazi, dan semua aksinya untuk menyelamatkan diri. Membuat kita penasaran bagaimana akhir ceritanya dan bagaimana nasib sang pianis kemudian.

Film ini diangkat dari memoir yang berjudul sama, yang ditulis oleh sang pianis sendiri.
Film ini adalah salah satu film yang wajib ditonton terutama bagi pecinta film perang dunia ke-2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar