Jumat, 04 November 2011

Movie Review: Valkyrie

Kali ini saya akan mereview film lama yang berjudul: Valkyrie



Film ini rilis tahun 2008 dengan setting di Jerman yang dikuasai Nazi dalam masa perang dunia ke-2. Tokoh utama film bernama Claus von Stauffenberg, diperankan oleh tom Cruise. Claus von Stauffenberg adalah perwira dengan pangkat kolonel yang melakukan rencana pembunuhan Adolf Hitler, yang terkenal dengan nama "20 July plot".

Pada masa Nazi menguasai Jerman, mereka memiliki rencana yang telah disusun sebelumnya dan akan dilaksanakan jika negara dalam keadaan darurat, seperti tewasnya Adolf Hitler, rencana tersebut dinamakan Operation Valkyrie. Dari situlah Kolonel Claus von Stauffenberg melihat celah tersebut, dia ingin mengambil alih negara dan melakukan gencatan senjata dengan sekutu.

Rencana pembunuhannya akan dilakukan di Wolf's Lair milik Adolf Hitler pada 20 Juli 1944, menggunakan bom yang diledakkan di bawah meja dimana Hitler dan petugas lain berkumpul.

Film ini sangat menegangkan, namun bukan film menyeramkan. Kita akan merasa seperti salah satu kelompok Stauffenberg.

Film ini bukan film perang, jadi tidak banyak adegan seperti Band of Brothers, Saving Private Ryan, Platoon, dan lain-lain. Film ini tentang kudeta, pemberontakan, apapun istilahnya, dan merupakan salah satu tema yang saya sukai.

Bagi yang belum nonton, wajib deh nonton. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar