Selasa, 15 November 2011

Pelajaran Dari Statistik Blog

Memantau statistik blog saya beberapa minggu ini memberi saya pelajaran yang sangat berharga, bahwa konsisten itu penting, sangat penting.



 

Menurut saya dan bagi saya, konsisten itu tidak bicara kualitas, atau kuantitas. Tetapi bagaimana kita bisa terus melakukan sesuatu terus menerus, berulang-ulang. Rasa bosan pasti ada, tapi itu wajar, dan disitulah konsistensi kita teruji.

Menurut saya lagi, kualitas dan kuantitas bisa mengikuti asal kita bisa konsisten. Konsisten itu lakukan dari yang kecil, lalu kecil+1, lalu (kecil+1)+1, (lalu (kecil+1)+1)+1, dan seterusnya, berulang-ulang tanpa batas akhir. Hingga yang tadinya variabel "kecil" itu memiliki nilai yang sama dengan variabel "besar", dan "bagus".

Bosan itu boleh, penurunan itu ada, tetapi saat peningkatan harus lebih tinggi dari titik puncak sebelumnya. Kalau sama atau di bawah, itu berarti belum meningkat. Buat saya, itulah yang disebut istiqomah, satu tingkat lebih tinggi dari konsisten. Dari yang naik, lalu naik+1, lalu naik+2, lalu naik+3. Atau istilah jepangnya Kaizen (continual improvement). Atau istilah fisikanya percepatan. Walau ada kalanya naik-2, tetapi harus setidaknya naik+4.

Apa sih yang saya lakukan pada blog sehingga mendapat pelajaran? Simple, saya membuat postingan setidaknya 1 buah perhari. Walau saya belum bisa meningkat, setidaknya saya berusaha. Wish me luck! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar