Minggu, 27 November 2011

Ujian Aikido: Kyu 4!



Akhirnya selesai juga ujian aikido ke kyu 4. Datang 7.30 ternyata matras sudah beres, saya pikir daftar ulang dulu sesuai pengumuman. Sepertinya hanya trik supaya tidak ngaret. Maklum orang Indonesia terkenal ngaret. :D

Hari ini adalah hari yang sangat melelahkan. Pertama saya jadi uke yang ujian ke kyu 5, karena yang ke kyu 4 cuman 3 orang jadinya digabung. Jadi uke saja sudah capek, padahal ujian yang saya belum mulai. Sudah ngos-ngosan. Akhirnya saya bilang supaya pelan-pelan agar tidak sama-sama capek. Akhirnya tibalah saya ujian. Yang tadinya uke menjadi nage terus, karena giliran ujian gantian.

Tibalah semuanya disuruh duduk, saya pikir ujian yang saya pun selesai (ngarep :D). Eh ternyata, yang ke kyu 4 disuruh terus. Tiga pasang pun menjadi penonton. Yang awalnya uke saya yang kyu 6, diganti oleh salah satu instruktur. Biasanya sama yudansha itu enak, kadang-kadang nurut. Apalagi kalo yang ujian kyu 6 dan 5.
Ternyata, instruktur yang satu ini badannya tinggi dan besar, tangannya besar. Saya yang belum bisa rileks akhirnya terkadang masih pake tenaga otot.

Baru beberapa teknik, saya pun sudah ngos-ngosan. Belum lagi uke saya terus menyuruh agar melakukan varian (bukan variasi) teknik yang lain yang saya lupa karena sudah kecapean duluan. Beberapa kesalahan pun terjadi, karena kelelahan, badan pun panas, stamina sudah mau mencapai batasnya, belum lagi mulut menjadi manis kaya ngemut nasi, kemungkinan sih dehidrasi. Mengingat saya kalau latihan keringat yang bercucuran paling banyak di antara yang lain.

Hingga akhirnya terdengar Zagi Kokyuho. Pertanda ujian yang saya sudah selesai. Dan akhirnya peserta ujian kyu 5 dan 4 keluar dari matras disertai tepuk tangan. Saya pun beristirahat, air minum sebotol saya minum sampai setengah, butuh minuman manis-manis saya pun cari keluar. Walau sudah mendinginkan badan tapi badan masih serasa panas, saya pun ke kamar mandi untuk membasahi paha ke bawah, merasa adem saya pun tergiur air dan dengan nekat saya mandi. hehehe

Setelah mandi dan sholat dan ujian ke kyu 1 pun selesai, tiba akhirnya pengumuman. Semua berbaris, duduk mendengar penjelasan dengan kaki kesemutan, diumumkan bahwa semuanya lulus. Semua orang pun bertepuk tangan merasa lega. Setelah sesi pemotretan (kaya model aja) alias foto-foto dan beres-beres matras, semua pun pulang. Pulangnya kami dari RS Al Islam Dojo pun makan empal gentong.

Tapi ada satu hal, saya belum punya sabuk biru. Karena belum punya uang untuk beli. Mungkin sementara masih pake putih strip. hehehe... :D

Dan aktivitas puncak hari ini pun selesai.
Fin. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar