Selasa, 17 Januari 2012

Movie Review: Blue Swallow

Setelah enam hari tidak posting dikarenakan keasyikan main game. Akhirnya saya kembali posting dengan review film tahun 2005 dari Korea dengan judul Blue Swallow.

Blue Swallow atau dalam bahasa Korea berjudul Cheong-Yeon ini bercerita tentang Park Kyung-won, salah satu pilot wanita generasi pertama di Korea. Walaupun saat itu dia belajar di sekolah penerbangan Jepang.

Sejak kecil Park Kyung-won bercita-cita menjadi pilot, akhirnya dia memutuskan pergi ke Jepang. Di sana dia bertemu rivalnya Gibe Masako, namun akhirnya menjadi sahabat karena dia menyelamatkan Gibe saat berduel reli pesawat.

Di Jepang dia bertemu Han Ji-hyuk, orang Korea yang menjadi tentara Jepang, mereka pun menjadi sepasang kekasih.

Suatu hari, temannya yang akan mengikuti turnamen penerbangan di bagian turnamen ketinggian meninggal saat latihan. Dia pun diharuskan menggantikannya oleh pimpinan sekolah, karena kemampuannya yang luar biasa diakui oleh pelatihnya.

Tidak disangka dia membuat sekolahnya memenangkan turnamen dengan terbang setinggi 4500 meter. Dia pun semakin menjadi terkenal hingga akan melakukan penerbangan jarak jauh dari Jepang ke daerah RRC.
Penggalangan dana pun diadakan, namun antusias orang Korea sangat kecil karena Park Kyung-won di anggap berkhianat karena dia terbang atas nama Jepang.

Pada 7 Agustus 1933, dia lepas landas dari bandara Haneda di Tokyo. Sekitar 42 menit kemudian, karena cuaca yang buruk, pesawatnya jatuh dan Park Kyung-won meninggal, di dekat Hakone, prefektur Kanagawa. Setelah sebelumnya dia diperintah kembali, namun menolak dan memutuskan tetap terbang.

Film ini mengajak kita terus menatap layar tanpa berkedip, terutama saat dia berlomba. Diiringi dengan musik yang sangat pas dengan keadaan, dan tidak akan bosan disaksikan beberapa kali. Film ini merupakan salah satu film yang harus disaksikan bagi para pecinta film dengan cerita yang bagus (???) :D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar