Senin, 09 Januari 2012

Semangat Membaca

Entah kenapa mendadak saya pengen beli novel, bukan novel teenlit yang pasti, bukan novel twilight atau harry potter yang pasti.

Kali ini novel yang ingin saya beli adalah The Heike Story, versi novel dari Heike Monogotari atau The Tale of the Heike. Novel epik ini menceritakan Kyoto abad ke-12. Yang saat berjayanya klan Heike atau Taira dengan tokohnya Kiyomori. Melawan klan Genji, dengan tokohnya yang populer Yoshitsune.

Setelah pergi ke toko buku diskon terdekat, saya cari buku itu dan liat harganya. Yak, harganya cukup bagus. Sekitar 90.000an. Insya Allah saya mau beli setelah gajian asdos cair. Hehehe...

Setelah keliling-keliling, saya pun liat novel historik lain. Dan saya pun tertarik. Wajar, saya sendiri menyukai kisah historis dan kisah nyata. Tapi bukan berarti tidak menyukai yang lain.

Budaya membaca di Indonesia memang kurang. Kemarin saya, kakak, pacarnya, dan ibu mengobrol. Tentang bagaimana sepinya perpustakaan daerah Bandung. Di Indonesia, perpustakaan itu tempat yang angker, sepi, dan horror bagi sebagian orang. Kalau lihat perpustakaan luar negeri, kesannnya bersih, terang, dan ramai. Gak cuman di film aja, tapi di dokumenter juga.

Habis gimana, orang tua sekarang facebookan mulu, sama kayak saya. Tapi yang jelas, budaya yang baik itu harus diajarkan ke anak kecil sejak dini. Namanya juga kertas putih, ditulis-tulis akan tertulis terus sampai kertas itu tiada.

Yap, sekian postingan hari ini. Selamat malam.
Assallammu'alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar