Kamis, 25 Juli 2013

Budaya Baca Tulis di Indonesia

Sepertinya, minat membaca dan menulis di Indonesia kian meningkat beberapa tahun ini.

Di ranah membaca, klub-klub buku mulai bertebaran, komunitas goodreads, klubbuku, estafet buku, dan lain sebagainya, semakin meningkatkan minat membaca, dan para pecinta buku tidak akan merasa kesepian. Selain membaca mereka bisa saling berbagi, berbagi buku, berbagi informasi, dan lain-lain. Cukup sering saya ke toko buku, contoh Gramedia dan Togamas, rasanya setiap saya ke sana selalu saja ada buku baru, dan bertambah lagi buku lama dengan cetakan baru kali ini bertuliskan "best seller".

Di ranah menulis, ,enurut berita di Jakarta Globe, tahun 2009 jumlah blogger di Indonesia sekitar satu juta. Sedangkan pada tahun 2010 meningkat pesat menjadi sekitar 3,2 juta blogger.
Sungguh peningkatan yang luar biasa.

Sedangkan menurut dokumen "Blogging and Socmed Trend in Indonesia" tahun 2011 menyebutkan, jumlah blog di Indonesia sekitar 4,8 juta blog, dan masih terus meningkat.

Begitu juga dengan menulis di ranah cetak, sudah ada beberapa penerbit yang menyediakan layanan self-publishing, layanan dimana para penulis bisa mengunggah naskah mereka tanpa takut ditolak, dicetak menjadi buku, dan dijual. Hal ini semakin meningkatkan budaya menulis dan membaca di warga Indonesia.

Diharapkan, budaya ini terus berkembang, membaca dan menulis adalah hal yang luar biasa. Manfaatnya pasti luar biasa.

Keep reading, do writing!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar