Selasa, 25 Maret 2014

Aikido: Kyu 2

Kyu 2 di Aikido ini membawa efek yang cukup hebat.

Suatu hari Pandu, kohai saya, melobi panitia acara Sashimi (festival budaya pop Jepang tahunan di Univ. Widyatama) untuk memasukkan demo Aikido di acara itu. Akhirnya, dengan nekat, demo tanpa yudansha pun dilakukan, beruntung setidaknya Alvian membawa sabuk hitam karate nya, aku minta dia pakai. Demo berjalan lancar, rencana tidak terlaksanan, urutan yang direncanakan tertukar, yang tadinya tidak ada menjadi ada, dan tanpa matras. Haha..

Hingga akhirnya rencana mendirikan dojo di Widyatama menyeruak, hingga sekarang saya masih menindak lanjuti prosesnya. Akan mulai latihan setelah UTS, yang akan disusul dengan tempel poster.

Pelatih saya, Mas Njong (seharusnya dipanggil sebutan Sensei, tapi maklum, orang Indonesia sering begitu, sudah terbiasa dengan Mas Njong) bilang, kalau melatih itu pasti ada belajarnya. Memang benar, saya juga sering merasakan sebelumnya, tapi di Aikido, saya sempat ragu. Dia meneruskan karena harus mengajar, maka detil-detil teknik akan diperhatikan. Itu pula yang menjadikan saya harus berlatih lebih, tidak hanya untuk diri sendiri, juga untuk kohai-kohai saya nanti di Widyatama.

Tidak ada asap jika tidak ada api. Dan api dojo Widyatama akan membawa dorongan bagi saya. Untuk teruuusss berlatih, lebih rajin, lebih fokus, lebih menyempurnakan diri sendiri. Setidaknya hingga Tom Cruise berkata pada saya "I never see such discipline" seperti dalam film yang dia mainkan, The Last Samurai. Maksudnya, dimulai dari mendisiplinkan diri, semoga bisa menularkan pada orang lain. Begitu pula dengan efek dari disiplin itu. Terus menular, mewabah, wabah disiplin. (Tiba-tiba ngetik beginian)

Trio senpai saya di Al-Islam, pak Ikhwan, bu Wiwin, dan mba Ae, sudah diberikan kesempatan untuk ujian ke Kyu 1. Tapi karena mereka memang sudah bekerja, kesibukan sering menyita waktu mereka. Untuk saya sih masih lama, nikmati proses, proses, proses, tenang saja.

Ngomong-ngomong, apa saya harus menambah bela diri yah? :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar