Kamis, 29 Mei 2014

Website Review: Duolingo

Duolingo adalah website yang menyediakan pembelajaran bahasa asing, hebatnya website ini gratis, benar-benar gratis. Tidak ada istilah gratis untuk trial, gratis untuk fasilitas terbatas. Nope. Nothing. It's completely free!


Saya sudah mencobanya, untuk belajar bahasa Jerman bagi penutur bahasa Inggris. Dan ini cocok untuk saya yang belajar pelan-pelan dan benar-benar dari tata bahasa. Menurut reviewer lain web ini cocok untuk pembelajaran jangka panjang, tapi tidak cocok untuk calon pelancong ke negeri Jerman yang membutuhkan kalimat-kalimat yang umum diucapkan.

Konten kursus di web ini beberapa ditambahkan oleh kontributor yang terpilih, untuk menjadi kontributor pasangan bahasa yang kita kuasai, kita bisa mengajukan lamaran, jika diterima kita bisa membantu mengolah konten pasangan bahasa tersebut. Untuk penutur bahasa Indonesia, baru ada kursus bahasa Inggris, itupun masih dalam versi beta dan masih belum stabil.

Cara belajar di web ini adalah dengan menerjemahkan antara bahasa, memilih di antara beberapa pilihan, mendengar suara, dan belajar berbicara menggunakan mikrofon. Jika merasa sudah mahir, kita bisa masuk ke bagian Immersion di mana kita bisa menerjemahkan dokumen yang pengguna lain unggah ke Duolingo. Setiap terjemahan per kalimat kita yang dinilai benar oleh sesama pengguna, akan mendapatkan nilai positif. Dari nilai-nilai positif itu bisa dilihat sejauh mana kemampuan kita berbahasa asing, setidaknya dalam hal tertulis.

Jadi, bila gratis, bagaimana mereka mendapatkan uang untuk menjalankan webnya? Mereka memberikan jasa penerjemahan dokumen berbayar, berbeda dengan yang gratis di atas. Sehingga

Sejauh ini bagi saya web ini sangat aditif, memanfaatkan hal yang bernama gamification (memasukkan unsur game ke non-game), seperti nyawa yang berkurang saat salah menjawab pertanyaan, mata uang khusus untuk membeli pengisi nyawa, kelas kursus tambahan, kelas latihan tambahan, dan beberapa hal lain.

Terdapat juga leaderboard di antara kita dan teman-teman kita untuk melihat siapakah yang memiliki nilai tertinggi selama satu minggu terakhir, satu bulan terakhir, atau sejak bergabung Duolingo.

Cobalah sekarang, langsung belajar bahasa asing yang Anda inginkan. Ada bahasa Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, tentu saja Inggris, dan beberapa bahasa asing lain yang masih dalam proses perkembangan seperti Gaelic, Rumania, Turki, dan akan terus bertambah seiring minat yang masuk ke Duolingo.

Jika tertarik, bisa mencoba Duolingo di tautan berikut: duolingo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar